Oleh: lemlita | Januari 21, 2013

MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (PMTK) IAIN ANTASARI BANJARMASIN YAHUN 2011/2012

Peneliti : M. Sabirin, Hj. Sessy Rewetty Rivilla, Hasby Assidiqi
Dana Penelitian: Dibiayai dari Dana DIPA IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2012
ix ; 64
Call Number :
2×7.3
sab
m
(4)

Abstrak : Kata Kunci : Model Persamaan Struktural, Prestasi Belajar.

Tinggi rendahnya pencapaian belajar mahasiswa bukanlah terjadi dengan sendirinya, melainkan ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. kompleksitas masalah kausalitas antar faktor psikologis tersebut terhadap prestasi belajhar sangatlah rumit untuk diteliti, karena tidak hanya diteliti satu arah saja melainkan antar faktor tersebut ada yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung. oleh karenanya, untuk mengakomodasi permasalahan di atas, diperlukan teknik statistik yang relevan dan mampu memecahkan masalah tersebut, yaitu Model Persamaan Struktural (MPS). P[enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pendugaan parameter MPS dengan metode Maksimum Likelihood dan mengetahui besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tahun akademik 2011/2012.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : 1) HAsil parameter MPS dengan metode maksimum likelihood menunjukkan bahwa seluruh indikator signifikan dalam mengukur variabel latennya. sedangkan berdasarkan kriteria uji kelayakan model, hasil modifikasi layak dalam mengepas data empirik. indikator yang paling dominan mengukur variabel laten motivasi adalah kesesuaian bidang studi yang digeluti (MO2) dan ketertarikan mata kuliah yang diprogramkan (MO6). Variabel laten kebiasaan belajar adalah mendengarkan penjelasan dosen (KB4) dan mencatat penjelasan dosen (KB5). Variabel laten sikap mahasiswa terhadap lingkungan belajar adalah sikap terhadapkeadaan ruang belajar (SK2) dan suasana belajar di kelas (SK4). Sedangklan variabel laten persepsi mahasiswa terhadap dosen adalah pembelajaran dosen di kelas (PD3) dan Penugasan Dosen (PD4).

Selain itu, hasil pengaruh dengan menggunakan MPS dengan metode maksimum likelihood memperlihatkan bahwa : motovasi belajar berpengaruhterhadap prestasi belajar mahasiswa, sikap mahasiswa terhadap lingkungan belajar berpengaruh tak langsung terhadap prestasi belajar melalui kebiasaan belajar, dan Persepsimahasiswa terhadap dosen berpengaruh tak langsung dengan prestasi belajar melalui kebiasaan belajar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: