Oleh: lemlita | Januari 15, 2013

SOSIOLOGI DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT BANJAR (Analisis Prilaku Kontemporer Orang Banjar di Kalimantan Selatan)

Peneliti : Abdul Sani, Hj. Noor Ainah, dan Ahmad Syazali
Dana Penelitian: Dibiayai dari Dana DIPA IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2012
vii ; 134
Call Number :
2×3.7
San
s
(4)

Gambaran orang Banjar yang cenderung sangat berhasrat menjadi orang kaya dengan berusaha sekuat tenaga menjalani prilaku usaha bisnis yang komunal serta melibatkan jaringan struktur baru di masyarakat, seperti berbagai kasus menarik tentang bisnis voucer yang menghebohkan sekitar lima tahun lalu dan melibatkan puluhan ribu masyarakat yang berhubungan untuk menjadi orang kaya dengan pekerjaan yang enak tanpa membanting tulang bekerja keras namun mendapatkan keuntungan besar. ujung-ujungnya prilaku itu, ternyata ada manipulasi bisnis besar yang menimbulkan dampak kerugian ekonomi milyaran rupiah.

Dibalik sejumlah fenomena itu, ada kepercayaan baik yang menyertai maupun yang timbul sebagai dampak, misalnya tentang hidup kaya dan serba selebritas menjadi sosok baru yang diyakini dapat menaikkan citra, gengsi bahkan wibawa sosial. begitu pula dengan cara-cara meraih kekayaan itu banyak cara dari yang normal aktual dengan usaha bisnis (walaupun kadangkala ada unsur penipuan) sampai muncul kepercayaan klinik, pesugihan, menggunakan jin, menggunakan hal-hal mistis dan gaib menjadi bagian baru dalam fenomena orang kaya banjar. kepercayaan lain yang jugas menarik ditelisik adalah kemunculan hubungan kekerabatan baru dalam dunia mistik seperti memunculkan bagampiran saudara kembar ; yang diyakini mampu mendongkrak nilai fantastik dunia kekayaan atau pesugihan. kemunculan hubungan datuk moyang yang bisa melindungi keselamatan, harta kekayaan atau menghancurkan saingan bisnis (daya pembanci) bahkan sebaliknya dari itu, mau mendapatkan isteri cantik atau ilmu papikat prilaku dan usaha.

beranjak dari gambaran ini maka penelitian ini dianggap layak untuk dilakukan secara terstruktural. dan adapun, tujuan penelitian ialah: menyajikan deskripsi identifikasi sosial dan kepercayaan orang banjar dengan kemampuan menganalisis secara pendekatan ilmu sosial mutakhir, relevansi prilaku sikap dengan kepercayaan yang mendasari simbol sosial budaya orang banjar dengan berusaha sebida mungkin membedahnya dalam analisis kasus fenomena sosial yang terjadi di tengah masyarakat Banjar, dan menganalisis dengan kajian fenomenologik pendekatam sosial atas setiao faktor keterkaitan dari hubungan prilaku sikap mutakhir yang cenderung dominan dalan rentetan kultur kehidupan bermasyarakat orang Banjar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: