Oleh: lemlita | Januari 14, 2013

EVALUASI PEMBELAJARAN FIQH/USHUL FIQH KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI (studi pada MAN 1, MAN 2, MAN 3 Banjarmasin)

Peneliti : Hasbullah, H. Fahmi Hamdi, Arif Rahman Hakim
Dana Penelitian: Dibiayai dari Dana DIPA IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2012
— ; 77
Call Number :
2×7.3
Has
e
(4)

Abstrak :

Kata Kunci : Evaluasi, guru-guru Fiqh kelas XII, pembelajaran fiqh-Ushul Fiqh, MAN Banjarmasin.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan evaluasi yang masih kurang maksimal dilaksanakan oleh guru-guru fiqh MAN Banjarmasin pada mata pelajaran fiqh. sedangkan diketahui, evaluasi merupakan sarana untuk menentukan dan melihat pencapaian tujuan pendidikan dan proses pengembangan ilmu yang diharapkan, apakah sudah mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) atau harus diadakan remedial. atas dasar ini dipilih tema sekaligus judul penelitian dengan judul: “Evaluasi Pembelajaran Fiqh -Ushul Fiqh  Kelas XII MAN (Studi pada MAN 1, 2 dan 3 Banjarmasin)”.

tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana evaluasi pembelajaran fiqh-ushul fiqh kelas XII MAN yang meliputi perencanaan, alat-alat evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru-guru. ada 3 MAN di kota Banjarmasin dengan jumlah guru 5 orang bpda mata pelajaran fiqh kelas XII.

Penelitian ini hanya mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi guru-guru fiqh pada MAN kota Banjarmasin. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa : Pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik oleg guru-guru kels XII MAN Banjarmasin pada mata pelajaran fiqh mulai dari penentuan tujuan dan standar penilaian, teknik peni9laian, kapan evaluasi dilaksanakan dan berapa kali ia dilaksanakan, dan alat-alat evaluasi yang digunakan telah mereka rencanakan sebelumnya dengan baik, walaupun masih ada yang belum maksimal, seperti cara melaporkan hasil evaluasi dan pembuatan materi soal yang kurang bervariasi.

selanjutnya alat-alat evaluasi yang digunakan telah disesuaikan dengan SKKD yang ditetapkan, betuk tes yang sering digunakan adalah tes tertulis  bentuk pilihan ganda dan kadang tes tertulis berbentuk essay atau gabungan keduanya. aspek yang dievaluasi adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotor. tetapi yang dominan adalah penilaian terhadap aspek kognitif. penilaian terhadap psikomotor hanya pasa MAN 2 Banjarmasin pada bidang penyelenggaraan jenazah. penilaian aspek kognitif hanya berkisar pada aspek  knowledge dan comprehension. aspek knowledge adalah pengetahuan siswa tingkat menghafal/mengingat. sedangkan aspek comprehension adalah kemampuan siswa untuk mengerti/memahami sesuatu setelah sesuatu itu diingat/dimengeri.

Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan evaluasi ranah kognitif, efektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada MAN Banjarmasin pada mata pelajaran Fiqh/Ushul Fiqh dan penilaian terhadap tiga ranah tersebut masih belum sempurna disebabkan oleh: Latar belakang siswa, keteladanan orang tua, alokasi wakti, banyaknya jumlah peserta dan faktor usia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: