Oleh: lemlita | Januari 11, 2013

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARANN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA BANJARMASIN

Peneliti : Emroni, Siti Shalihah, Rusdiah
Dana Penelitian: Dibiayai dari Dana DIPA IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2012
v ; 48
Call Number :
2×6.141.1
Emr
p
(4)

Abstrak : Kata Kunci: Pemanfaatan, Lingkungan , Sumber Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pemanfaatan llingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang dapat membantu perkembangan kreativitas guru sebagai pendidik serta meningkatkan minat belajar siswa. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar siswa akan dihadapkan secara langsung dengan lingkungan alam, oleh karena itu guru dituntut untuk mengetahui dan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolahnya dengan baik dan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA pada MIN  Pemurus Kota Banjarmasin. Objeknya adalah pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di sekolah tersebut.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi dan dokumenter. untuk analisis data penulis  menggunakan analisis kualitatif dengan mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan dengan metode induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di MIN Pemurus Kota Banjarmasin dapat dikatakan memanfaatkan dengan cukup baik. hasil tersebut dari pemilihan lingkungan sekitar sekolah, guru IPA menggunakan beberapa langkah yang dilakukan sebelum menetapkan lingkungan sebagai sumber balajar seperti melihat dari ketepatan dengan tujuan pengajaran, dukungan terhadap isi pelajaran, keterampilan guru dalam menggunakannya, ketersidiaan waktu untuk menggunakannya, kesesuaian dengan taraf fikir siswa sedangkan pemanfataan lingkungan dapat dilihast dari adanya  persiapan guru sebelum melaksanakan aktivitas pembelajaran seperti metode, teknik, dan strategi, persiapan tempat guru  terlebih dahulu melihat keadaannya layak dipakai atau tidak, penyajian materi dan pemanfaatan nlingkungan serta evaluasi pembelajaran.

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: